Kamis, 27 Mei 2010

Manfaat Air Putih Untuk Tubuh

Air adalah sumber bagi kehidupan semua mahkluk hidup, tidak ada satu mahkluk pun yang dapat hidup tanpa adanya air, karena itu air sangat berharga bagi kelangsungan mahkluk hidup di bumi. Bahkan sebagian dari luas bumi dan tubuh manusia terisi oleh air.
Air sangat bermanfaat bagi tubuh manusia, hal itu juga sangat berharga ketika seseorang banyak melakukan aktivitas, maka dari itu seseorang dituntut untuk banyak mengkonsumsi air putih. Tidak kurang dari dua liter per hari seseorang di haruskan untuk meminum air putih guna memperlancar peredaran darah dan pencernaan dalam tubuh.
Kekurangan air bagi darah amat berbahaya bagi tubuh. Sebab, darah akan menjadi kental.Akibatnya, perjalanan darah sebagai alat transportasi oksigen dan zat-zat makanan pun bisa terganggu.1)
Beberapa manfaat dari air putih yang pada umumnya di ketahui oleh masyarakat seperti, dapat melancarkan pencernaan, mempermudah meregenerasi sel-sel kulit pada tubuh kita, menjaga penuan dini, melembabkan kulit, mengobati berbagai penyakit seperti ginjal, dapat menetralisir racun-racun dalam tubuh, berfungsi untuk diet, membersihkan wajah khususnya jerawat bagi kaum wanita.
Manfaat Air Putih:
- Memperlancar system pencernaan
Mengkonsumsi air putih setiap hari akan memperlancar system pencernaan sehingga kita terhindar dari masalah pencernaan.
- Air putih membantu memperlambat tumbuhnya zat-zat penyebab kanker, batu ginjal dan hati.
- Perawatan kecantikan
Bila kurang minum air putih, tubuh akan menyerap kandungan air dalam kulit seningga kulit menjadi kering dan berkerut. Selain itu, air putih dapat melindungi kulit dari luar, sekaligus melembabkan dan menyehatkan kulit.
- Untuk kesuburan
Menigkatkan produksi hormon testosterone pada pria serta hormon esterogen pada wanita.2)
- Menyehatkan jantung
Air juga diyakini dapat ikut menyembuhkan penyakit jantung, rematik, kerusakan kulit, penyakit saluran papas,usun dan penyakit kewanitaan.
- Sebagai obat stroke
Air dapat membantu memperkuat kembali otot-otot dan ligamen serta memperlancar system peredaran darah dan sisitem pernafasan.
- Efek relaksasi
Pancuran air dari shower yang jatuh ke tubuh terasa seperti pijatan dan mampu menghilangkan rasa capek karena terasa seperti di pijat.
- Menjaga suhu badan
Menjaga suhu tubuh, fakta medis menunjukan tubuh manusia 70 persen terdiri dari cairan. Fungsi-fungsi cairan ini adalah untuk memroses pencernaan penyerapan, sirkulasi, produksi air ludah, transportasi nutrisi,dan mempertahankan suhu tubuh.3)
- Air minum dalam jumlah yang cukup banyak bakal mendorong terbuangnya racun atau toksin yang ada di dalam tubuh. Air mampu membersihkan racun dalam tubuh lewat keringat, air seni, dan pernapasan.4)
- Menguruskan badan
Air putih juga bersifat menghilangkan kotoran-kotoran dalam tubuh yang akan lebih cepat keluar lewat urine. Bagi yang ingin menguruskan badan pun, minum air hangat sebelum makan (sehingga merasa agak kenyang) merupakan satu cara untuk mengurangi jumlah makan yang masuk. Apalagi air tidak mengandung kalori, gula, ataupun lemak
- Tubuh lebih bugar
Khasiat air tak hanya untuk membersihkan tubuh saja, tapi juga sebagai zat yang sangat diperlukan tubuh. Anda mungkin lebih dapat bertahan kekurangan makan beberapa hari ketimbang kurang air. Sebab, air merupakan bagian terbesar dalam komposisi tubuh manusia.


Catatan Kaki

1) A.S.Hamidin, Kebaikan Air Putih (Yogyakarta:Media Pressindo,2010),hal 30-31.
2) Ibid.,hal 36.
3) Ibid.,hal 31.
4) Loc.cit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar